Sabtu, 16 April 2016

SAPE

0

alat musik " SAPE"  dayak

A. Sedikit Tentang Sejarah Alat Musik Sape di Mandalam

Rasa ingin tahu saya Akan sejarah alat musik sape ini, membuat saya melangkahkan kaki menuju desa Mandalam, Putussibau Utara Kabupaten Kapuas Hulu, guna mencari informasi sejarah terciptanya alat musik sape. Sesampai di mendalam saya bertemu pemain dan pengrajin alat musik sape bapak Saprianus Gunung, Dasius Simu dan Vincensius sange.
 
Dari obrolan kami ber empat memang tidak ada catatan atau pun tulisan pada masyarakat Dayak kayaan di mendalam yang menceritakan asal usul dan siapa pencipta alat musik sape ini. Namun mereka pernah mendengar cerita dari saudara-saudara Dayak Kenyah yang ada di Kalimantan Timur bahwa alat musik sape diciptakan oleh seorang yang sedang berperahu dan karam ditengah riam, orang tersebut pingsan dan terdampar dikarangan. Dalam keadaan setengah sadar orang tersebut mendengar alunan nada-nada yang indah dari gema hutan dan sungai,  setelah sadar orang tersebut membuat alat musik yang berbentuk perahu dan menirukan nada-nada yang ia dengar saat terdampar dikarangan.
Ada juga persi cerita sejarah alat musik sape diciptakan oleh seseorang yang sedang  tidur didalam kelambu dan ia mendengar alunan nada-nada yang indah diluar kelambu. Setelah bangun ia mencoba membuat alat musik seperti bentuk perahu dan menirukan nada-nada yang ia dengar pada saat tidur.

B. Fungsi Alat Musik Sape Pada Masyarakat Dayak Kayaan di Mendalam Kapuas Hulu

Dalam kehidupan sehari-hari Masyarakat Kayaan di Mandalam alat musik ini berfungsi sebagai hiburan pada saat sedang bersantai, seperti yang dikatakan Vincensius Sangge, pada saat tidak ada aktifitas orang tua dulu sering berjalan dikampung sambil membawa sape dan memainkannya, berjalan berkunjung ketetangga sambil ngobrol dan memainkan sape

Alat musik Sape juga dimainkan dalam berbagai kegiatan atau upacara adat suku dayak kayaan di Mendalam Kabupaten Kapuas Hulu seperti :
  1. Dayung, Mengobati orang sakit, khususnya untuk orang yang memiliki Abuh (mahluk gaib)
  2. Iringan tari waktu Ngayau, yang diiringgi musik Daak Karaang Kayo.
  3. Hiburan pada saat Daangai, Gawai, dan acara perkawinan.
  4. Untuk upacara persembahan, yang menggunakan musik Daak Sekivak Ujung Bakung 
  5. Untuk iringan Talima (syair-syair kuno)
Daak dalam bahasa Kayaan artinya musik, ada beberapa daak yang popular yang sering dimainkan pemain sape di mendalam yaitu :
  1. Daak Lalang Buko
  2. Daak luvaak Avun
  3. Daak Manuk Halo’
  4. Daak Batang Beras
  5. Daak Sering
  6. Daak Song Pak
  7. Daak Karaang Kayo
  8. Daak Karaang Aruu’
  9. Daak Daraang Kaloh
  10. Daak Langiling
  11. Daak Kasing Buraa’

0 komentar:

Posting Komentar

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html